Sabtu, 30 Januari 2016

ブラックベリーZ10でアラビア語や日本語QWERTYを使用する方法 (How to Use Arabic or Japanese QWERTY with BlackBerry Z10)

    Pada postingan gue sebelomnya, gue ngebahas soal kosa kata dan greeting dalam bahasa Arab. Mungkin itu semua sempat buat kalian bingung. Gimana cara nulisnya ya? Apa gue copas (copy-paste) dari internet? Haha. No! Gue ngetik itu semua pure dari hasil kerja keras gue. Lumayan capek lho ngetik dari Arab ke Jepang terus balik dari Jepang ke Arab lagi. Rahasianya? Gue cuma bermodalkan gadget sendiri. Meskipun di Google juga punya keyboard khusus Arabnya. Tapi menurut gue itu jauh lebih ribet. Liat saja tampilannya yang terlalu dempet. Bedanya kalo keyboard Google, huruf Arabnya jauh lebih lengkap. seperti disana ada huruf 'Ain kecil, di gadget gue nggak ada. Seperti ini ع tapi versi kecil alias yang bentuknya seperti atasnya saja. Nah, berhubung gadget yang gue pakai itu BlackBerry Z10, jadi gue bakal ngasih tau ke kalian gimana cara pakai qwerty/keyboard bahasa Arab / Jepang via gadget. Siapa tau diantara kalian ada yang pakai BlackBerry versi OS 10 juga. Hehe^^


Pertama, kalian buka menu setting yang ada di blackberry » pilih menu input languages » kemudian di bagian enabled languages kalian masukkin bahasa Arab dan Jepang. Maka tampilannya akan seperti ini :



Nah, kalo tampilannya udah seperti itu. Udah mulai bisa ngetik pakai Arab atau Jepangnya deh. Kalo udah ingin ngetik versi bahasa Arab, maka tampilan qwerty versi Arabnya bakalan seperti ini : 


Kalian bebas deh mau ngetik apa, sesuai kata Arab yang ingin kalian ketik. Nah kalo kalian ingin huruf Arab yang dibacanya panjang, kalian pilih huruf hijaiyyah (Arab) nya terlebih dahulu, kemudian baru tambahin huruf Alif sesudahnya (yang bentuknya seperti garis vertikal atau yang menyerupai huruf l kecil. Sedangkan kalo tanda fathatain (yang bentuknya seperti tanda sama dengan) yang letaknya berada disamping kiri "send" itu gunanya untuk menyisipkan tanda bacaan huruf Arab atau harakat seperti fathah, kasrah, dhammah, fathatain, kasrahtain, dhammatain, sukun, harakat panjang, dsb). Maka tampilannya akan seperti ini : 


Sedangkan jika kalian ingin mengetik kata dalam bahasa Jepang, kalian cukup tekan lama tombol yang menyerupai bentuk bumi atau dengan menekannya sekali juga bisa. Maka tampilan yang akan muncul seperti ini : 


Haha maaf yah karna screenshotnya disaat yang salah. Itu tinggal ganti yang paling bawah. Kemudian baru deh kalian bisa ngetik versi Jepangnya. Bedanya Blackberry dengan gadget yang laennya, kalo gadget yang laennya seperti Samsung, dsb tampilan qwerty Jepangnya sama dengan versi Arab muncul per huruf. Bedanya dengan Blackberry kita cuma tinggal ngetik katanya. Ga ada tampilan hurufnya. Cuma bakalan muncul referensi kata yang dimaksud / yang kita ingin ketik. Sebagai contoh, tampilannya akan muncul seperti ini : 


Nah seperti itu bedanya. Ngetik versi Jepang jauh lebih cepat dibanding Arab. Karna Arab harus fokus di harakat sama panjang pendeknya suatu huruf. Haha beberapa dari kalian udah mengatakan kalo bahasa Arab itu agak ribet pengucapannya tapi juga unik dari segi tulisan. Yah menurut gue begitu juga dengan prosesnya. Proses ngetiknya. Memang cukup ribet. Tapi karna bentuk tulisannya yang juga unik seperti bahasa Jepang, makanya gue juga seneng / suka suka saja dengan cara ngetiknya. Karna kalo udah tau dan terbiasa, Asli ini seru banget! 



Moga bermanfaat... yang punya qwertynya, yuk cobain!^^




Tidak ada komentar:

Posting Komentar